• Fri. Feb 3rd, 2023

BitcoinMBTC

Artikel Tools Seputar Bitcoin Cryptocurrency

Cara Menggunakan audio spasial dalam video 360 derajat dan VR

ByFree Bitcoin

Jan 13, 2020

Dengan audio spasial YouTube, Anda dapat menikmati suara video di semua arah seperti aslinya. Gunakan audio spasial untuk meningkatkan kualitas video 360° dan virtual reality Anda, sehingga penonton dapat menikmati pengalaman yang imersif. Pelajari cara mengupload video 360 derajat dan video virtual reality di YouTube.

Mengupload video dengan audio spasial

  1. Buat video 360° atau VR dengan audio spasial yang memenuhi persyaratan di bawah ini. 
  2. Jalankan fitur metadata versi terbaru pada video.
  3. Upload video ke YouTube.

​Melihat pratinjau audio spasial pada video VR

Untuk melihat pratinjau audio spasial dari video VR Anda sebelum menguploadnya, Anda dapat menggunakan plugin VST Resonance Audio Monitor. Plugin tersebut dapat berfungsi pada semua digital audio workstation (DAW) yang dapat merender file audio di 4-6 channel dan menghosting plugin VST.

Format audio spasial yang didukung

YouTube mendukung dua format audio spasial yang berbeda:

  • First Order Ambisonics
  • First Order Ambisonics dengan Head-Locked Stereo

Dengan audio spasial, pendengar dapat mendengarkan perubahan suara saat mereka menggerakkan kepala dan memandang berkeliling di video 360° atau VR. Format audio ini disebut First Order Ambisonics. Anda juga dapat menambahkan audio Head-Locked Stereo ke video agar suara tidak berubah saat penonton menggerakkan kepala. Trek audio Head-Locked Stereo sering digunakan untuk narasi atau musik latar belakang.

Pengalaman mendengarkan menurut perangkat

Penonton dapat mendengarkan audio First Order Ambisonics pada semua perangkat. Penonton yang menggunakan perangkat seluler, atau browser web Chrome, Firefox, atau Opera, juga dapat menikmati audio First Order Ambisonics dengan Head-Locked Stereo. Untuk penonton yang menonton melalui browser web lain, kami akan melakukan down-mix bagian Head-Locked Stereo dari audio secara otomatis, yang mungkin akan terdengar berbeda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page