• Fri. Feb 3rd, 2023

BitcoinMBTC

Artikel Tools Seputar Bitcoin Cryptocurrency

“Paypal Diblokir” Bagaimana Nasib Para Pencari Makan?

Paypal Sudah Menjadi Wada Tempat Mengalirnya Rezeki Para Pelaku Bisnis Online Semenjak Beberapa Tahun Silam, Kini Mendadak Di Blokir Pemerintah, Kenapa?

Pemblokiran Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Privat yang melewati tenggat waktu pendaftaran yang diberikan Kominfo terus menjadi pro dan kontra.

Salah satu PSE yang diblokir pemerintah adalah PayPal, melalui Kemenetrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) pada 30 Juli 2022 lalu.

Namun, alih-alih mendapat dukungan pubik, Kementerian Kominfo malah banjir hujatan publik akibat memblokir PayPal. Nah lo.

Akibat pemblokiran tersebut, Kementerian Kominfo dianggap mematikan mata pencaharian sebagian masyarakat yang mengandalkan PayPal sebagai sarana untuk menerima gaji atau menabung di sana.

Protes masyarakat tersebut meluas dan bahkan sempat menjadi trending topic di Twitter dengan tagar #BlokirKominfo yang menggema di media sosial tersebut.

Alhasil, pemerintah melalui Kementerian Kominfo membuka kembali layanan PayPal. Namun pembukaan tersebut hanya berlaku sementara, dengan tujuan agar masyarakat bisa memindahkan dana mereka dari aplikasi tersebut.

“Per tadi pagi, PayPal kami buka supaya masyarakat bisa migrasi,” kata Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan, dalam konferensi pers virtual, Minggu. (31/7/2022).

Menurut Semuel, pembukaan blokir terhadap PayPal dilakukan setelah maraknya protes dari masyarakat. Ia memastikan pembukaan blokir sementara ini akan dilakukan selama lima hari kerja, hingga 5 Agustus 2022, pukul 23.59.

Karena itu ia meminta masyarakat menggunakan kesempatan waktu tersebut untuk memindahkan dana yang mereka simpan di PayPal ke platform lainnya.

Semuel menambahkan, Kementerian Kominfo tetap menunggu PayPal melakukan pendaftaran PSE Lingkup Privat. Dan jika tak kunjung mendaftar, maka Kementerian Kominfo tak segan-segan akan kembali melakukan pemblokiran.

Sekilas tentang PayPal

PayPal merupakan sarana pengiriman uang praktis yang menggunakan jarinan internet. Sebelum PayPal didirikan pada 2000 lalu, dalam mengirim uang, masyarakat masih menggunakan cara pengiriman uang konvensional, seperti wesel dan pos.

Cara tersebut tentu saja tida praktis, karena ketika ingin mengirim uang, maka kita harus datang ke kantor pos atau agensi.

Belum lagi waktu pengiriman uang yang memakan waktu cukup lama hingga uang yang dikirim sampai ke tangan penerima.

Karena itulah, dua pebisnis sekaligus ahli IT, Peter Thiel dan Max Levchin memunculkan ide untuk merancang sebuah situs pengiriman uang melalui surat elektronik.

Situs tersebut kemudian diberi nama oleh Thiel dan Levchin, PayPal. Tak butuh waktu lama, masyarakat langsung menerima baik kehadiran PayPal.

Dan hingga kini, PayPal menjadi salah satu pilihan masyarakat di berbagai penjuru dunia yang ingin mengirim uang dengan cepat dan praktis.

Source: Suara.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page